Selasa, 12 Agustus 2008

Review 030808



REVIEW BINCANG WIRAUSAHA
3 Agustus 2008 (19.00 – 20.00 WIB)
I radio - 88.7 FM

Praktisi : Yoyo (SS)
Akademisi : Dimas dan Niko
Penyiar : Mike
Tema : Brand Loyalty
Reviewer : Tee

Special Sambal (SS)

Lagi pengen makan pedas di Jogja? Yang pertama muncul dibenak kita ga lain ga bukan pasti warung SS alias Spesial Sambal (dibaca: sambel). Awal munculnya SS ini karna susahnya nyari sambel yang ‘bener-bener’ pedas di Jogja. Untuk memunculkan benak di konsumen bahwa ‘akhirnya’ ada sambal pedas di Jogja muncul konsep baru dari sebuah warung makan dengan nama “Spesial Sambal”. Tidak ada misi khusus dari pemilihan nama ini, hanya konsep sederhana bahwa dengan brand SS (Spesial Sambal) yang mempunyai tagline “pedas abiiss” adalah sesuai dengan produk yang ditawarkan dan pemilihan nama yang sederhana ini agar mudah diingat konsumen. Saat ini SS mempunyai 32 outlet dan menjadi trendsetter mengingat mulai banyak warung ‘sejenis’ yang mulai bertebaran di Jogja. karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga suatu brand; pertama, konsisten akan rasa dan produk. Kedua, pelayanan terhadap konsumen, misalnya dengan mempertimbangkan keluhan konsumen sekecil apapun. Ketiga, penguatan pada brand tersebut yaitu bisa berupa sentuhan kreatif misalnya poster dengan tulisan unik atau pemilihan nama-nama unik pada menu.
Sebuah filosofi yang menyatakan bahwa ketika memulai suatu bisnis yang perlu diperhatikan adalah apa yang dirasakan konsumen bukan apa yang dirasakan perusahaan. Filosofi ini mendasari SS dalam melakukan branding berbasis konsumen. Dengan memberikan pelayanan terbaik pada konsumen, SS telah mampu mencapai brand recognition dan brand awardness. Inovasi juga penting dilakukan mengingat semakin banyaknya pesaing serta permintaan konsumen. Tiga hal penting ketika memulai suatu usaha adalah pemilihan brand (nama) pada usaha kita harus sesuai dengan produk yang ditawarkan. Kedua, point of different yaitu bahwa usaha kita harus berbeda dengan yang lain. Ketiga, sesuai dengan konsep awal usaha kita. (Tee)

Tidak ada komentar: